Saturday, March 6, 2010

Tips Mengasah Kemampuan Bermain Drum

Apa beda maen drum sama maen bola??? menurudku gak ada bedanya. Alasannya sama bermain, sama berkeringat, sama dalam satu tim, dan bisa di anggap sebagai olah raga juga. Jadi buatku bermain drum harus punya waktu latihan teratur, punya skill yang cukup, dan terakhir berada dalam tim yang disebut band. Jadi gak ada alasan kalau ada yang bilang bahwa main drum itu susah, ribet dan bikin capek. Main drum itu gak susah dan gampang asalll.... bisa dibikin sedang bermain. Caranya seperti apa berikut tipsnya......

 

Pertama:
Buat pemula coba mainkan drum di lagu yang paling kamu sukai dan coba berulang-ulang sampai bisa. Kalau kita main dengan senang pasti akan lebih enjoy dan ilmu bisa lebih banyak di serap. Jangan keburu nafsu main yang aneh-aneh..... mainkan aja musik favorit kamu sampai bener.

Kedua:
Mainkan teknik di lagu yang kamu sukai. Di drum kan banyak tekniknya mulai dari Sticking, fill in lakukan di lagu yang kamu suka meski tidak sama dengan lagu aslinya. Lakukan banyak improvisasi sampai mahir. Konsepnya bermain sambil belajar jadi gak ada beban dan hasilnya jelas lebih baik. Terakhir perbanyak referensi lagu tidak hanya satu genre saja seperti pop, rock, blues atau jazz.

Ketiga
Atur power, ini dilakukan kalau kamu pengen bisa tahan lama pas mainkan drum. jadi jangan langsung habiskan tenaga di lagu-lagu awal. sebab kekuatan gebugan drum bisa dirasakan langsung penonton. Jadi gunakan power pas saat penting seperti waktu fiil in.

Keempat
Latihan ruitin setiap hari: main drum sama dengan pisau, kalau gak diasah dan dipake tiap hari jadinya tumpul. sama juga sama kaki dan tangan yang pasti kaku kalo gak dipake latihan drum. Jadi kalo emang gak bisa gumpul main bareng latihan, Sticking aja sendiri pake drumped. kalo gak ada drumpet stik mainkan aja di meja ato tempat lainnya. Yang penting tangan terus gerak mainkan irama.

Kelima
Tidur cukup. Kalo yang ini mah hampir semuanya perlu sebab main drum butuh fisik yang prima. Biar fisik prima harus istirahat cukup, Dan itu harus tidur cukup. Jadi pastinya hindari begadang.

Keenam
Makan teratur dan jangan lupa vitamin. Personil band gak boleh sakit, apalagi kalo udah janji naik panggung. So pintar-pintar aja atur makan dan minum vitamin pas badan loyo.

Tips diatas ternyata gak susah dan siapa aja pasti bisa termasuk kamu yang sekarang lagi belajar main drum. Terakhir jangan lupa belajar dengerin metronome sebab tempo dari lagu yang dimainkan band berasal dari gebug-an drum. Jadi, biarpun tempatnya di belakang dan jarang kelihatan tapi fungsi drumer sangat penting lho...!!

No comments:

Post a Comment