Friday, March 19, 2010

Tangkal Bencana, Warga Bali Lakukan Omed-omedan (CIUMAN dan PELUKAN MASSAL)

Denpasar: Setelah melaksanakan Tapa Bratha, dalam rangkaian Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Denpasar, Bali, Kamis (18/3), melakukan tradisi unik, yang dinamai Omed omedan. Tradisi ini, diyakini dapat menangkal bencana.


http://teukuyadin.files.wordpress.com/2009/10/omed2.jpg



Saat pelaksanaan tradisi Omed-omedan, semua peserta terlebih dulu, harus melakukan sembahyang secara bersama, memohon izin keselamatan kepada leluhur. Kemudian, satu persatu pemuda dan pemudi dipertemukan dengan cara digendong, untuk saling tarik dan berpelukan. Tak jarang, ada yang mencoba mencium pasangannya di hadapan khalayak umum.


http://teukuyadin.files.wordpress.com/2009/10/omed1.jpg



Meski terlibat banyak pemuda dan pemudi peserta Omed-omedan yang berpelukan dan berciuman, namun masyarakat setempat tak memandang tradisi ini sebagai pornografi. Aa Mayun Kepala Adat setempat mengatakan, Tradisi sakral, yang sudah dilakukan turun temurun, sejak abad ke 17 ini, dari keramaian dan kebahagiaan yang ditimbulkan peserta, diharapkan, bisa membuat lingkungan desa, terhindar dari segala macam wabah penyakit, dan bencana.(ARL)





http://balitv.tv/btv/images/stories/omedanweb2.jpg

http://balitv.tv/btv/images/stories/omedanweb1.jpg


Setelah melaksanakan Tapa Bratha, dalam rangkaian Nyepi, Umat Hindu di Denpasar, Bali melakukan tradisi yang dinamai Omed-omedan. Tradisi ini diyakini, dapat menghilangkan segala wabah penyakit dan bencana di lingkungan desa.


http://teukuyadin.files.wordpress.com/2009/10/omed3.jpg

http://matanews.com/wp-content/uploads/tradisiciuman-590x362.jpg

http://cache.daylife.com/imageserve/02LfbfJ1qY2dQ/610x.jpg
sumber berita : http://unic77.blogspot.com/2010/03/tangkal-bencana-warga-bali-lakukan-omed.html

No comments:

Post a Comment