Tuesday, March 2, 2010

Rick Allen, Tetap Semangat Walau Hanya Satu Tangan

Ketika banyak orang yang sehat jasmani punya kesempatan lebih besar mengukir prestasi, seorang drumer tanpa tangan kiri bernama Rick Allen justru bisa menjungkirbalikkan pandangan semua orang yang berpikir bahwa bermain drum memang harus menggunakan dua tangan. Dia bisa menutup kekurangannya itu bahkan meraih popularitas dan kesuksesan besar bersama bandnya Def Leppard di seluruh dunia.





Anak dari pasangan Geofrey dan Kathleen yang bernama lengkap Richard John Cyril Allen ini lahir di daerah Dronfield, Derbyshire. Sebuah desa kecil di negara Inggris. Bakat menjadi seorang Drumer sebenarnya sudah terlihat pada saat dia berusia 5 tahun. Pada saat itu, Dia hobi memukul drum mainan perkakas dapur punya ibunya. Benih-benih cinta Allen terhadap bedug Inggris ini terus tumbuh subur. Sampai akhirnya sekitar umur 10 tahun, Rick Allen akhirnya sukses merayu ayahnya agar dibelikan satu set drum sungguhan. Dan untuk itu, Allen rela membayar setengah dari harga set drum barunya dengan uangnya sendiri dan berjanji akan kursus drum dengan baik dan benar. Baru 6 bulan kursus, Allen sudah berani menampilkan permainanny pada band pertamanya bernama Smokey Blue. Dia juga pernah bermain bersama band bernama Rampant dan The Johny Calender Band.

Umur 15 tahun, Allen mengisi kekosongan posisi drummer Def Leppard menggantikan drummer aslinya, Tony Kenning. Persisnya tanggal 28 November 1978, om Allen resmi gabung bersama Def Leppard. Karena urusan ngeband dirasa makin cerah dan menuntut keseriusan yang sungguh-sungguh. Istilah "sekolah jangan sampai mengganggu urusan band" meracuni pikiran Allen. Dan akhirnya pada tahun 1979 dia berhenti dari bangku sekolah.

KECELAKAAN ITU......
Hari itu tanggal 31 Desember 1984, Allen sedang menyetir mobol Corvette dalam perjalanannya ke kota Sheffield untuk menghadiri pesta malam tahun baru di rumah saudaranya. Drumer yang saat itu berusia 21 tahun itu disalip oleh sebuah mobil Alfa Romeo dari samping. Entah karena panas atau iseng, Allen berusaha balik menyalip mobil itu. Dan pada saat ia menyalip mobil itu, Allen tidak melihat bahwa didepannya ada sebuah tikungan, dan itu membuatnya kehilangan kontrol atas mobil sport mewahnya itu. Pembatas jalan pun dihajar dan Allen --yang pada saat itu tidak memakai seatbelt-- mental keluar beberapa meter dari mobil. Kecelakaan inilah yang merenggut tangan kiri drumer vegetarian ini.

Ngedrop? itu sudah pasti untuk orang yang menggantungkan mencari uang dengan menggunakan dua tangan seperti Allen. Yang bukan seorang drumer pun pasti shock bila menerima takdir pahit seperti ini. Beruntung Allen cepat bangkit dari keterpurukan dan memetik hikmah dari kejadian itu. Ide untuk mulai bermain drum tanpa tangan kiri datang saat dia dirawat di rumah sakit dan mendengarkan musik sambil membayangkan ketukan drumnya. Allen percaya bahwa dia masih mampu memainkan lagu itu dengan cara mengganti tangan kirinya dengan kaki kiri (biasanya kaki ini banyak dipakai drumer untuk memainkan drumer pedal hi-hat).Kaki kiri itulah yang nantinya dipakai untul memukul snare drum. Adalah Sohib bernama Jeff Rich --drumer band Status Quo-- yang banyak menolong dan menyemangati Allen sewaktu masa penyembuhan. Lewat diskusi yang panjang, mereka sepakat untuk merancang sebuah perangkat drum elektronik agar Allen bisa memainkan drum dengan hanya menggunakan satu tangan saja. setelah bekerja keras merancang perangkat drum itu di tempat Allen, mereka mempercayakan rancangan itu ke perusahaan pembuat drum elektronik untuk menggarapkan perangkat spesial itu.
lihat design drum dan cara dia bermain dalam video di bawah ini...





Tak ada yang tak mungkin bila kita mempunyai tekad gigih plus semangat yang membara. Setelah penyesuaian dan latihan yang gokil, tahun 1986 Allen berhasil membuat debut pertamanya paska kecelakaan dengan manggung di depan publik festival musik Monster of Rock di kota castle, Donington. pada bulan Agustus 1987, Def Leppard merilis album ke-4 mereka Hysteria. Itulah album pertama Allen setelah dia menjadi penyandang cacat. pertama rilis, album ini terdengar biasa saja di Amerika. Tapi belakangan malah berhasil meraup sukses dengan penjualan yang mencapai angka 15 juta copy. Setelah itu banyak penghargaan yang didapat oleh drumer cacat ini. Termasuk saat namanya terukir dalam 100 Greatest Drummers Of All Time versi sebuah website di Inggris. Sampai mendapat urutan ke-7.

Begitulah Rick Allen, yang telah berubah dari sosok anak muda yang panasan menjadi seorang cacat bermental baja. Yang sudah menginspirasi semua orang untuk tetap percaya akan kemampuan diri sendiri. Dia juga mendapat gelar The Heroes. Hebat bukan........?

5 ALASAN RICK ALLEN TERPILIH MENJADI DRUMMER HEROES:
1. Figur panutan semangat pantang menyerah.
2. Tahu cara mengatasi kekurangan agar menjadi suatu kelebihan.
3. Memberi gaya panggung yang berbeda dengan cacat tangannya.
4. Walau instrumennya banyak dibantu oleh trigger, tapi permainannya tidak kalah mantap dengan drummer yang mempunyai dua tangan.
5. Tetap bisa mengukir prestasi walau cacat.

No comments:

Post a Comment