Tuesday, November 2, 2010

Tips Sebelum Membeli Drum Bekas


Drum, alat musik ini terdiri dari beberapa bagian, dan untuk menentukan 1 set alat musik pukul ini sebenarnya mudah, ada 2 buah sampai 4 buah tom-tom, 1 atau 2 buah floor, 1 snar, 1 basskick, 3 buah tiang penyangga cymbal ( hihat, crash dan ride ) dan terakhir 1 buah single pedal.

Drum terbagi 2 ukuran custom dan standar. Ukuran standar terdiri dari 1 buah bass kick ukuran 22 inch, 2 buah tom-tom ukuran sebelah kiri 12 inch dan sebelah kanan 13 inch, ukuran snare adalah 14 inch dan ukuran untuk floor tidak lain adalah 16 inch.

Ada beberapa hal yang menyebabkan loe harus membeli alat musik second/bekas. Nah, berikut tips yang harus loe ketahui jika loe ingin membeli drum bekas :

- Harga
Relatif, tidak perlu heran jika meskipun drum bekas, harganya bisa termasuk cukup “mahal” karena bisa saja loe memilih drum yang berkualitas atau termasuk barang vintage yang langka

- Periksa kelengkapannya
Tanyakan apa saja yang loe dapat dengan harga yang ditawarkan, karena setiap drum mempunyai paket yang berbeda-beda. Atau mungkin pemilik sudah mengupgrade drumnya.

- Keaslian merk
Bisa dilihat dari plat merknya tersebut, biasanya bisa dilihat pada ; pedal, body floor, body bass kick, body tom, body snare tertulisan merk yang sama.

- Cek head drum
Buka head drum, untuk menyentuh kayu bagian dalam. Rasakan dengan tangan anda, lembab atau tidak (pernah terkena air). Dan biasanya untuk merk - merk yang mahal, kayu bagian dalam sangat halus dan tidak kasar.

- Cek hardware drum
Perhatikan kondisinya apakah sudah ada yang berkarat atau ada bagian fast moving yang harus diganti seperti rantai, beater atau mur dan bautnya. Perhatikan juga bagian joint seperti rantai pada pedal dan pada hi-hat. [dari Berbagai Sumber]

No comments:

Post a Comment