Friday, November 5, 2010

Adobe Photoshop Dari Masa ke Masa

Tulisan ini saya tulis karena request teman saya. Dia lagi nyari photoshop CS 2 untuk menyelesaikan tugas designnya. Nah daripada saya memuat software versi lama, mendingan saya tulis Adobe Photoshop dari masa ke masa. OK  siapa yang gak tau adobe photoshop? Pastinya semua sudah tau ya. Adobe Photoshop sendiri sebenarnya sudah lama rilis perdana. Rilis perdananya yaitu pada tahun 1988. Tetapi  tampilannya masih sangat berbeda dengan versi sekarang. Nah untuk lebih jelas saya akan menuliskan versi Photoshop dari pertama sampai yang paling baru .

1. Adobe Photoshop 0.63

   Ini dia adobe photoshop versi pertama. Tampilannya asih sangat sederhana. Dan versi ini tidak support dengan Windows versi apa saja. Karena versi ini keluar pada tahun 1988 dimana Windows belum seperti saat ini. Software ini hanya support untuk Macintosh saja. Untuk file downloadnya mungkin sudah sangat sulit ditemukan mengingat tahun rilisnya yang sudah 22 tahun.



2. Adobe Photoshop 1.0

Ini adalah versi yang lebih baru dari Photoshop. Belum ada perubahan signifikan dalam versi ini. Baik dalam masalah tampilan, fungsi dan lainnya. Versi ini rilis 2 tahun setelah versi 0.63. Seperti versi sebelumnya saya masih belum menemukan file downloadnya mengingat sudah 20 tahun versi ini rilis. Jadi sangat sulit menemukan software ini,.

3. Adobe Photoshop 2.0 / 2.5


 Versi ini rilis tahun 1991 . Di versi ini sudah ada beberapa penambahan fitur seperti Path, CMYK Color dan EPS Restirization. Masih seperti versi sebelumnya , Windows masih belum Kompetibel dengan software ini. Tetapi pada versi update 2.5 Untuk pertama kalinya Photoshop kompetibel dengan Windows.



3. Adobe Photoshop 3.0
 



Di versi tahun 1993 ini Layer mulai di pergunakan. Di versi ini juga Windows sudah kompetibel bersama Macintosh. Untuk download klik di sini.






4. Adobe Photoshop 4.0


  • Adjustment Layers
  • Actions (macros)
  • Multiple Undo (Amount set in preferences)
3 fitur di atas mulai ditambahkan dalam versi ini. Nah untuk mendownloadnya klik langsung di sini





5. Adobe Photoshop 5.0



 Sudah banyak fitur ditambahkan dalam versi ini.seperti magnetic lasso. Tampilannyapun sudah cukup menarik dan fiturnya juga mulai mudah digunakan.






6. Adobe Photoshop 6.0




Versi ini rilis September 2000. Banyak perubahan terutama dalam fungsi yang makin mudah digunakan. Layer style juga mulai digunakan dalam versi ini.








Photosop 7.0



Di versi ini Healing Brush mulai digunakan. Tampilannya pun lebih menarik daripada versi sebelumnya. Hanya beberapa fitur yang ditambahkan. Tetapi Photoshop 7.0 ini lebih mudah digunakan daripada versi sebelumnya. Klik di sini untuk download.





8. Photoshop CS



Photoshop versi ke-8 ini adalah versi pertama dari Photoshop Creative Suite. Ffiturnyapun sangat banyak seperti Camera RAW, dan bisa mengedit photo dengan ukuran Maksimal 2 Gb.






9. Photoshop CS2



Ini dia yang direquest teman saya. Mungkin karena fitur yang makin lengkap dan mudah digunakan teman saya meminta saya memposting Adobe Photoshop CS2 ini. Memang banyak fitur baru dalam versi ini. Nah untuk yang mau download langsung klik di sini.




10. Adobe Photoshop CS3





Di versi ini Quick Selection mulai digunakan. Quick Selection sendiri merupakan tombol pemilih layer yang mudah digunakan.  Ukurannyapun sudah mulai besar. Tetapi jangan khawatir karena saya akan berikan versi Portablenya untuk anda.KLIK DI sini untuk Doenload.









11. Adobe Photoshop CS4





Versi ini sudah banyak sekali fitur menarik . Selain itu mengedit dengan versi ini juga dapat menghasilkan hasil yang bagus karena dalam versi ini semua tool bekerja secara halus sehingga potensi kerusakan atau masalah dalam mengedit foto sangat kecil. Ukuranya sekitar 900 Mb. Tetapi tenang masih ada portable yang bisa di download di sini.







12. Photosop CS5



 Inilah Photoshop versi terakhir . Versi yang saya gunakan sehari-hari. Di versi ini kita dapat memberi efek 3d dengan hasil yang sangat memuaskan. Tersedia dalam banyak bahasa ( Indonesia belum termasuk) ukurannya sekitar 1.5 GB. Memang cukup besar tetapi download versi portable nya di sini.








Demikian tulisan yang dapat saya tulis. SEMOGA BERMANFAAT!


No comments:

Post a Comment